News Trending

Menggunakan WinSCP di Linux

ad+1

Menggunakan WinSCP di Linux

Berikut ini pembahasan tentang alternatif aplikasi WinSCP Windows di Linux dan pengenalan tentang Aplikasi WinSCP dan cara menggunakan SCP. Pernahkah menggunakan Filezilla ?

Filezilla adalah aplikasi untuk melakukan transfer data dari lokal (Komputer) ke Hosting atau Server ataupun sebaliknya melalui protokol FTP (File Transfer Protokol).

Apa hubungan WinSCP dengan Filezilla ?
WinSCP adalah aplikasi bebas yang digunakan untuk melakukan transfer data dari lokal ke komputer lain (Hosting/Server).
Sekilas memang tidak ada yang membedakan antara keduanya sama-sama digunakan untuk melakukan trasfer data, jadi apa yang membedakan ? yang membedakan adalah Filezilla hanya menyediakan protokol jaringan FTP, SFTP sedangkan WinSCP menyediakan layanan protokol di SFTP client, FTP client, WebDAV client and SCP client for Windows.

Keduanya hanya berbeda pada protokol yang disediakan pada masing-masing aplikasi, protokol-protokol baik itu FTP, SFTP, WebDAV, SCP itu berbeda. Pada artikel ini nanti akan saya bahas tentang "Menggunakan WinSCP di Linux".

SCP atau Secure Copy Protocol sebenarnya sudah ada di linux, untuk memastikan sudahkah ada aplikasi scp di linux kalian bisa buka terminal dan masukkan perintah 'scp --help' (tanpa petik), maka akan keluar opsi untuk perintah dari scp itu sendiri.

Kalau sudah ada kenapa harus menggunakan WinSCP ? 
WinSCP ini adalah aplikasi scp yang mempunyai UseInterfacenya, perlu diinggat untuk saat ini ketika artikel ini diterbitkan belom ada WinSCP untuk versi linuxnya. User Interface itu bisa memudahkan dalam melakukan transfer data (tapi tidak semua mungkin setuju, karena mereka yang sudah maniak terhadap command merasa scp tanpa gui lebih baik dan lebih cepat..hehehe)

Alternatif WinSCP di Linux

Dua aplikasi yang menurut saya bisa menjadi pengganti WinSCP di Linux, Aplikasi ini yaitu "Secpanel" dan "Krusader". Aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Linux apa saja yang bisa menggunakannya yaitu Debian Base (semua turunan dari Debian, Ubuntu, Linux Mint, Elementary OS, Backbox dll), Gentoo, Arch Linux Base, Mandriva, FreeBSD, NetBSD, OpenBSD, Fedora, Mageia, OpenSource, Knoppix untuk linux lainnya kemungkinan besar sudah bisa.

Mengenal Secpanel

SecPanel berfungsi sebagai GUI untuk mengelola dan menjalankan SSH (Secure Shell) dan SCP (Secure Copy) koneksi. (SecPanel sendiri bukan implementasi baru dari protokol ssh atau ssh software-suite, melainkan duduk di atas SSH software-suite dan mendukung SSH.com dan OpenSSH). SecPanel seluruhnya ditulis dalam murni Tcl / Tk dan tidak perlu ekstensi apapun tetapi membutuhkan versi 8.x dari Tcl dan Tk.SecPanel adalah perangkat lunak gratis dan dirilis di bawah kondisi GNU General Public License.
Home Secpanel : http://themediahost.de/secpanel/home/download/
Rilis sekarnag  : versi 0.6.1
Berikut tampilan dari aplikasi secpanel :

Main List


Edit Koneksi

Mengenal Krusader

Krusader adalah panel canggih kembar file manager yang memiliki tampilan KDE, mirip dengan Midnight atau Total Commander. Krusader memiliki fitur sebagi berikut :
     - Penanganan Arsip
     - Mount dukungan filesystem
     - Transfer file dengan (S) FTP
     - Pencarian
     - Menampilkan dan Editor
     - Sinkronisasi Direktori
     - Perbandingan isi file
     - Dan masih banyak lagi.


Home : https://krusader.org/index.html
Rilis : versi 2.5.0
Berikut tampilan aplikasinya :


Analisis Disk Krusader



0 komentar: